Amy's Life Journal
Life Journal

A Beginning of Campus Life

Finally, it’s already August! yeayy! I’m so excited waiting this month because I decided to continue my study to Magister Management at Universitas Gadjah Mada in Jakarta πŸ™‚

Gak tau kenapa, memulai kuliah S2 kali ini saya sangat sangat sangat bersemangat. Padahal sekarang saya sudah punya keluarga dan punya anak, tapi semangat belajarnya menderu-deru hehehe Semoga gak semangat diawal saja ya, doakan sampai lulus ya teman-teman!

Pertimbangan saya melanjutkan studi karena pada dasarnya diri ini seneng belajar, menurut saya gelar pendidikan bukan yang terpenting, tapi lebih ke Apa yang saya pelajari dan dapat, Bagaimana ini bisa mengupgrade diri dan mengaktualisasikan diri serta Kontribusi apa yang saya bisa berikan setelah melewati masa studi.

Selain itu memasuki tahun 2019, saya lihat Aira sudah bisa bermain dan bisa dilepas. Meskipun masih nenen tapi tahun ini Aira akan menginjak 2 tahun, jadi harus segera disapih.

Pertimbangan lain, dari sisi pekerjaan Alhamdulillah, atasan saya mengijinkan saya untuk melanjutkan study dengan catatan tidak mengganggu pekerjaan kantor. Tapi yang paling penting, ijin suami dong.. Suami mengijinkan dan mendukung katanya asal bisa bagi waktu dan gak ngomel-ngomel hahahaha Dan, dana juga lagi ada, so I go ahead..

Universitas Gadjah Mada yang di Jakarta sama dengan Universitas Gadjah Mada yang di Jogjakarta, perbedaannya yang di Jakarta dikhususkan untuk program Magister dan mahasiswa nya relatif memiliki pengalaman didunia kerja atau bisnis. Kalau yang saya tau, terbagi menjadi 2 kelas, eksekutif A dan eksekutif B. Eksekutif A untuk mahasiswa dengan pengalaman kerja <3 tahun sedangkan Eksekutif B untuk mahasiswa dengan pengalaman kerja >3 tahun. Waktu kuliahnya juga berbeda, untuk Eksekutif A setiap weekday after office hours, sedangkan Eksekutif B setiap Jumat (after office hours)-Sabtu (dari pagi – sore/malem).

Untuk menjadi mahasiswa ada beberapa syarat administrasi dan tes seleksi yang harus dilewati, pengalaman saya kemarin ini, untuk syarat administrasi yaitu (all doc in copy & pdf) Ijazah S1 asli atau terlegalisir, Transkrip asli S1 atau yang terlegalisir (IPK β‰₯ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, β‰₯ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B dan β‰₯ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C), Bukti Akreditasi kampus S1 yang masih berlaku (bisa screen capture dari website BAN) , Proyeksi keinginan (ini isinya mengenai alasan, harapan mendaftar di UGM serta rencana judul penelitian), Surat keterangan sehat, dan Surat ijin belajar dari pimpinan di kantor ataupun rekomendasi dari mantan dosen semasa kuliah S1.

Kalau persyaratan tes nya ada PAPs (Tes Potensi Akademik Pasca Sarjana) dan AcEPT (Academic English Proficiency Test Score Report). Yang masing-masing ada batas minimum nilai untuk kelulusan menjadi mahasiswa UGM Pasca Sarjana. Emmm, kalau pengalaman saya kemarin ini minimal untuk PAPs itu 450 point dan AcEPT 149 point.

Hari pertama dan kedua masuk kuliah saya di tanggal Sabtu, 3 Agustus & Minggu, 4 Agustus. Di hari Sabtu agendanya adalah Orientasi Calon Mahasiswa Baru dan Kuliah Pembekalan serta di hari Minggu agendanya adalah Business Fun Game. Lumayan deg-deg-an sih kalo inget-inget ini kelas Eksekutif yang pastinya banyak diantara mahasiswa yang umurnya jauh diatas saya dan mungkin memegang posisi diatas manajerial. Let’s see.. Hope I’ll enjoy from start till finish the Magister class here πŸ™‚

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
Twitter
Pinterest
Pinterest
Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *